Apakah Warna Feses Bayi Anda? Cek Disini Kategorinya

Apakah Warna Feses Bayi Anda? Cek Disini Kategorinya

Mendeteksi penyakit pada bayi memang tak segampang pada orang dewasa, karena mereka belum bisa mengeluhkan secara verbal apa yang dirasakan. Untungnya, melalui warna feses bayi, kondisi kesehatannya bisa diidentifikasi dengan mudah. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Ini Warna Feses Bayi dan Kategori Kesehatannya

Sembilan warna feses yang teridentifikasi pernah dihasilkan seorang bayi. Masing-masing bisa menjadi petunjuk kategori kesehatan si kecil, Ibu harus paham. Apa saja warnanya?

  1. Kuning Terang

Warna ini mengindikasikan kondisi pencernaan yang normal dan sehat, terutama untuk bayi yang mengkonsumsi ASI saja tanpa susu formula. Tapi, pada beberapa kondisi ketika bayi berulang kali buang air besar dengan warna kuning terang maka kemungkinan ada yang salah pada pencernaannya.

Hal yang bisa dilakukan adalah memberikan cairan yang cukup, agar buah hati ibu tidak mengalami dehidrasi. Bisa berupa ASI, air putih, atau oralit khusus untuk bayi sesuai instruksi dokter.

  1. Coklat Kekuningan

Bayi baru lahir berusia sebulan lebih dan diberi ASI eksklusif, akan punya feses warna ini dan masuk kategori normal. Biasanya

  1. Hijau Kecoklatan

Jika buah hati Ibu mengkonsumsi susu formula akibat ASI tidak keluar atau akibat masalah lainnya, maka fesesnya akan berwarna hijau kecoklatan dengan tekstur padat. Sebagai akibat dari komposisi susu formula yang masuk ke dalam tubuh bayi. Tapi tenang, warna ini masih masuk kategori normal.

  1. Hijau Lumut

Sama halnya dengan feses warna hijau kecoklatan, warna ini juga masuk kategori normal ketika dikeluarkan bayi yang sudah mengkonsumsi makanan pendamping ASI. Sistem pencernaannya masih membutuhkan proses penyesuaian dengan makanan tersebut, karena selama ini terbiasa mengolah cairan dari ASI atau susu formula.

  1. Orange

Pigmen warna pada saluran pencernaan bayi, bisa mengakibatkan warna orange pada fesesnya. Warna ini masih masuk kategori normal asalkan tidak sering terjadi dan beruntun seperti diare.

  1. Hitam

warna feses yang biasa keluar pada bayi yang baru dilahirkan, biasa disebut meconium. Akan normal ketika feses ini dikeluarkan bayi baru lahir karena berisi lendir, cairan jenis amniotik dan sisa jaringan kulit. Tapi, jika keluar dari bayi usia satu bulan ke atas hingga balita perlu penanganan lebih lanjut sebab bisa saja terjadi masalah pada tubuhnya.

  1. Merah

Warna feses ini bisa saja akibat makanan berwarna merah yang dikonsumsi bayi. Kalau Ibu tidak pernah memberikannya makanan warna merah, berarti feses tersebut adalah darah dari dalam tubuh bayi dan harus diwaspadai. Segeralah hubungi dokter untuk penanganan yang tepat.

  1. Abu-abu

Feses berwarna abu-abu pada bayi bisa disebabkan oleh masalah pada pencernaan akibat banyak hal. Jangan abaikan sebab isinya adalah zat kapur dan tentunya bukan hal yang normal ketika keluar melalui feses. Ibu perlu diagnosa dari dokter untuk mengetahui penyebabnya.

  1. Putih

Warna ini juga perlu diwaspadai dan segera dilakukan tindak lanjut, yaitu konsultasi dengan dokter karena bisa saja bukan pencernaannya yang bermasalah melainkan organ lain di dalam tubuh.

Sudah tahu kategori kesehatan dari warna feses bayi Ibu? Jika masih kategori normal maka Anda tidak perlu khawatir, cukup pastikan saja si kecil mendapatkan asupan gizi yang tepat sesuai usianya. Tapi, jika masuk kategori tidak sehat Ibu juga sudah bisa melakukan upaya pencegahan dengan cara yang tepat.